The 2nd Strada International Conference on Health Second Session

IIK STRADA Indonesia sebagai tuan rumah The 2nd Strada International Conference on Health dengan mengangkat tema yang sangat menarik, yaitu “Strengthening Diplomacy Strategies for Global Health” hari kedua dilakukan pada tanggal 29 Agustus tahun 2020 pukul 09.00 WIB. Acara International Conference ini dibuka langsung dengan presentasi para peserta menggunakan platform zoom sesuai dengan jadwal yang telah terbagi dalam 4 (empat) ruangan. Apakah mungkin dapat berjalan dengan baik sebuah conference yang dilakukan secara online? International Conference Online? awalnya nampak was-was namun dengan tim dan sumber daya terbaik IIK STRADA Indonesia dalam hal ini Fakultas Pasca Sarjana mampu dan berhasil menyelenggarakan kegiatan ini.

Kegiatan oral presentasi diikuti lebih dari 200 peserta yang berasal dari intitusi pendidikan dari Sabang hingga Merauke memaparkan penelitian terbaik mereka. Meskipun online IIK STRADA Indonesia atau XSTRADA membuktikan mampu menembus batas. Oral presentasi ini dapat berjalan dengan terstruktur dan sistematis berkat penataan dan koordinasi yang terjalin erat antar panitia, peserta oral presentasi dibagi menjadi 4 room zoom sehingga nampak seperti conference pada offline, mereka berlomba memaparkan karya-karya terbaik menggunakan full bahasa Inggris hingga saat diskusi. Diakhir sesi diumumkan Best Speaker atau pembicara terbaik dari setiap room, yang mana mereka berkesempatan mendapatkan free join di next agenda International Conference. Best speaker dari room 1 diberikan kepada Dr. Artha Budi Susila Duarsa yang berasal dari Universitas Islam Al-Azhar Mataram dengan topik Factors Associated with Knowledge on Covid-19 Prevention in Central Lombok District, West Nusa Tenggara. Sedangkan untuk di room 2 best speaker berhasil didapatkan Satria Eureka Nurseskasatmata, S.Kep., Ns., M.Kep dari Univeristas Kadiri dengan topik penelitian How Student’s Mental Health Affected During the COVID-19 Pandemic: A literature review. Best speaker dari room 3 berhasil diraih oleh Ns. Aditha Angga Pratama, S.Kep., M.Kes yang merupakan mahasiswa pasca sarjana IIK STRADA Indonesia dengan topik penelitian Factors Affecting the Satisfaction of First Class Independent Health Insurance (BPJS) Participants in Usada Kertha Hospital. Di room 4 best speaker diberikan kepada Mayta Sari Dwianggimawati, S.KM., MPH yang berasal dari IIK STRADA Indonesia Fakultas FAKAR dengan topik penelitiannya Risk Factors of Schi-zophrenia in Campurdarat Public Health Center Tulungagung District.

Antusias peserta ini cukup tinggi terlihat dari jumlah peserta yang hadir pada platform zoom. Selama acara konferensi ini berlangsung, para peserta melakukan presentasi dengan baik dan sangat luar biasa. Melihat semangat yang tinggi, Agusta Dian Ellina, S.Kep.,Ns.,M.Kep selaku Ketua Panitia pelaksana merasa puas dan bangga dengan kesuksesan Strada International Conference on Health kedua yang di selenggarakan oleh IIK STRADA Indonesia.

“Kami bersyukur karena ternyata minat peserta untuk mengikuti seminar internasional ini tinggi sekali, sehingga kami melakukan penambahan kuota peserta”, ungkapnya. Lebih lanjut Agusta menyatakan kerjasama dengan berbagai instansi tidak terputus setelah pelaksanaan konferensi tetapi dapat terus berlanjut pada kegiatan lainnya seperti penelitian atau riset kesehatan. Diharapkan dari penelitian yang telah dilakukan oleh semua peserta mampu memberikan sumbangsih untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat serta IIK STRADA Indonesia mampu memberikan sarana dalam publikasi karya ilmiah.

 Acara The 2nd Strada International Conference on Health ini ditutup oleh Direktur Pascasarjana IIK STRADA Indonesia Dr. Yuly Peristiowati, S.Kep.,Ns.,M.Kes pada hari Sabtu 29 Agustus 2020 pukul 16.00 WIB dan disusul dengan foto bersama dengan seluruh peserta konferensi.

 

Leave a comment