Kuliah Pakar bersama Bapak Dwi Suharsono Soehoed, S.Sos.,MM

Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia (IIK STRADA Indonesia) Pascasarjana mengadakan kuliah pakar secara online dengan menghadirkan bapak Dwi Suharsono Soehoed, S.Sos.,MM. Profesional K3 dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di berbagai industri, termasuk bidang kesehatan untuk mengupas tentang “K3 di Rumah Sakit” pada hari Jum’at (22/1/2021).
Pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Kecelakaan kerja tidak saja menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materi bagi pekerja dan pengusaha, tetapi juga dapat mengganggu proses produksi secara menyeluruh, merusak lingkungan yang pada akhirnya akan berdampak pada masyarakat luas.
Dalam PERMENKES Nomor 66 Tahun 2016 Tentang K3 RS Pasal 23 dinyatakan bahwa upaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) harus diselenggarakan di semua tempat kerja, khususnya tempat kerja yang mempunyai risiko bahaya kesehatan, mudah terjangkit penyakit atau mempunyai karyawan paling sedikit 10 orang. Jika memperhatikan isi dari pasal di atas maka jelaslah bahwa Rumah Sakit (RS) termasuk ke dalam kriteria tempat kerja dengan berbagai ancaman bahaya yang dapat menimbulkan dampak kesehatan, tidak hanya terhadap para pelaku langsung yang bekerja di RS, tapi juga terhadap pasien maupun pengunjung Rumah Sakit. Sehingga sudah seharusnya pihak pengelola Rumah Sakit menerapkan upaya-upaya K3.
Mencermati kebutuhan tersebut, maka diharapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit dapat meningkatkan mutu pelayanan, mempertahankan kelangsungan operasional rumah sakit, meningkatkan citra rumah sakit.

Leave a comment